Laman

Senin, 27 Juni 2011

SEPAK BOLA INSPIRASIKU - KARYA RAHMAD WAHYUDI


SEPAKBOLA INSPIRASIKU

Kecintaanku terhadap bola membuatku terinspirasi membuat suatu karya cerita pendek. Pemain sepak bola yang aku kagumi dan aku idolakan adalah “BP” atau orang lebih mengenalnya Bambang Pamungkas. Kegemaranku mulai muncul sejak aku duduk di kelas 4 SD. Sejak saat itulah aku mulai bermain sepak bola dengan teman-teman.
Bermimpi menjadi pemain sepak bola seperti “BP” selalu ada dalam hayalanku. Aku ingin seperti BP. BP adalah seorang pemain yang handal, tangguh, dan pintar dalam mengolah si kulit bundar.
Awal karir BP dimulai saat BP mengikuti seleksi PON di Diklat Salatiga. Setelah masuk di seleksi tim tersebut, BP langsung ditarik oleh tim ternama Jakarta yaitu Persija. Akibat kecemerlangannya bermain sepak bola, BP langsung diikutsertakan oleh PSSI untuk mengikuti Pendidikan sepak bola di kota Denhag, Belanda. Setelah dua tahun lamanya, BP kembali ke tanah air dan langsung mendapat tawaran untuk bergabung di tim besar Malaysia yaitu Selangor. Kurang meyakinkannya BP di tim itu membuat BP kembali ke tanah air dan bergabung dengan Persija yang selama ini membesarkan namanya.
Apa yang harus aku lakukan untuk mencapai imipanku? Aku hanya bisa berdoa dan berusaha untuk mewujudkan impianku.
Langkah awal untuk mewujudkan impianku adalah aku ingin bergabung dengan teman-teman di desaku untuk berlatih sepak bola. Menjadi pemain sepak bola yanh hadal seperti BP, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak cukup hanya dengan bermimpi dan berhayal saja, tetapi harus disertai dengan usaha, latihan yang rajin, dan kerja keras.
Sore itu, sekitar pukul 16:00 aku memberanikan diri untuk pergi bermain sepak bola. Setelah tiba di lapangan, aku pun langsung menyapa semua pemain yang ada dilapangan.
“Sore semua….!” sapaku ramah, “Teman-teman, apakah aku boleh bergabung dengan kalian?”
Mereka saling berpandangan tanpa ada yang membuka suaranya. Entahlah, apa yang dipikirkan mereka saat itu.
“Apa aku nggak salah dengar?” sahut Bowo dengan nada mengejek. “Seorang Rahmad yang anak mamih mau main bola? Jangankan main bola, pegang bola aja kamu nggak bisa.”
Suara gelak tawa terdengar ditelingaku.
“Bowo, jangan seenaknya kamu ngomong kaya gitu. Siapa coba yang anak Mamih??? Mungkin kamu yang anak Mamih,” jawabku dengan ketus.
            Suasana menjadi tegang, Bowo yang tidak mau kalah langsung membalas perkataanku.
“Hah..??? Bercanda kamu, masa orang setinggi aku dikatain anak Mamih. Bukannya kamu, udah pendek mau ikut-ikutan main bola dengan kami. Mendingan kamu pulang aja deh,main boneka saja,” ejek Bowo.
Setelah mendengar perkataan itu, aku pun menangis dan langsung berlari kerumah untuk mengadukan perbuatan Bowo kepada ayah. Setelah tiba di rumah, aku langsung ditanya oleh Ayah dan Ibu karena melihatku menangis.
“Kenapa anakku, kok nangis gitu? Bukannya tadi mau main sepak bola dengan teman-temanmu?”  Ujar Ayah sambil memegang bahuku.
“Itu memang benar Ayah, tapi setelah di lapangan aku gak boleh main bareng Yah.”
“Kenapa anakku?” tanya Ayah meminta saya menjelaskan sebabnya.
“Kata Bowo, anak sependek aku tidak boleh bermain sepak bola bersama Bowo dan teman-teman Yah, aku juga disuruh Bowo untuk bermain boneka saja dari pada main bola.”  Jelasku sambil  menangis.
“Mungkin Bowo merasa takut ada yang menyaingi dalam bermain sepak bola, betul kan Ayah…?” kata Ibuku sambil menghapus air mataku.
“Betul itu kata Ibu, kenapa kamu harus nangis hanya gara-gara masalah itu? Rahmad. Justru karena kata-kata Bowo itu,kamu harus lebih giat lagi latihan agar bisa menyaingi Bowo, yang penting persaingan dengan cara yang baik,jangan pakai kekerasan. Ya sudah, sekarang Rahmad mandi dan shalat maghrib dulu,” jelas Ayah kepadaku dengan senyumnya yang meyakinkan.
“Iya Ayah, terima kasih atas perhatian Ayah,” jawabku.
*****
Malam harinya, aku merenungkan kejadian itu sambil berbaring di kamar. Aku yakin dan tidak boleh putus asa. Aku akan selalu berusaha dan terus berlatih untuk membuktikan kepada Bowo dan teman-teman bahwa anak pendek juga bisa bermain sepak bola seperti mereka. Bahkan aku berkeinginan menjadi pemain sepak bola yang lebih baik dari idolaku yakni Bambang Pamungkas.

Dua tahun sudah berlalu kejadian itu. Selama itu pula aku berlatih sepak bola bersama teman-teman di lapangan desa. Hingga aku pun menginjak di bangku sekolah kelas 6 SD di SD N 1 Selang. Saat itu jam istirahat tiba…
“Rud ke kantin yuk…sambil godain Putri, cewe yang kamu taksir,” ajakku pada Rudi teman sekelasku yang suka menggoda siswi di sekolah.
“Wah sialan kamu Mat. Selain kamu, aku kan masih kecil nggak mungkin lah mikirin soal pacaran…” jawab Rudi sambil tersenyum.
Kemudian kami berdua pun melanjutkan obrolan sambil berjalan ke kantin. Tiba-tiba aku kaget melihat poster yang terpampang di dinding pengumuman sekolah. Bagaimana tidak kaget, tertulis diposter itu akan diadakan Perlombaan Sepak Bola khusus anak SD di Lapangan desaku. Aku dan Rudi pun tidak jadi ke kantin dan langsung kembali ke kelas untuk mendiskusikan Perlombaan Sepak Bola itu. Semoga saja SD kami mampu mengikuti event bagus tersebut.
“Hey, teman-teman bagaimana kalau SD kita mengikuti Perlombaan ini? Selain menambah pengalaman, siapa tahu kita bisa merebut Gelar Pertama untuk mengharumkan SD kita ini?”
“Hahahaha….Rahmad bisa aja kalau bikin lelucon loh. Pasti kita akan dibantai sama tim SD lain lah,” sahut Veri, teman sekelasku.
Kita jangan gitu dong, masa kita menyerah sebelum bertanding. Pokoknya kita harus ikut. Masalah menang atau kalah itu nomer dua yang penting kita sudah berani mengikuti Turnamen itu,”  sahut Andi memberi semangat pada teman yang lain.
Veri pun tersenyum dan mau ikut dalam event itu.
*****
Setelah mendapat persetujuan dari pihak sekolah, Tim SD aku pun mendaftar ke Turnamen itu. Rasanya aku tidak sabar ingin mengikuti pertandingan tersebut, syukur-syukur bisa berhadapan dengan timnya Bowo yang sudah meremehkan kemampuanku.
Kemudian tibalah saatnya pertandingan itu. Setelah pertandingan demi pertandingan dilaksanakan, kami tidak menyangka bahwa timku bisa masuk dalam Partai Puncak. Dan lebih menegangkan lagi bahwa lawan kami adalah tim Bowo cs.
Sebelum Final dilaksanakan, tim kami didatangi oleh tim Bowo.
“Hey Rahmad, mana mungkin tim pendek-pendek seperti kalian bisa mengalahkan Tim sehebat kami, jangan mimpi deeeh,” ujar Bowo dan teman se-timnya.
“Bowo !! Jangan seenaknya sendiri ya kalau ngomong. Sini kalau berani, mendingan kita berantem satu lawan satu saja. Ayo !!” sahut Veri teman sekelasku yang tidak terima di ejek oleh Bowo.
Suasana pun semakin menegangkan. Tapi aku mencoba untuk menenangkannya.
“Sudah-sudah…,kalian jangan bertengkar terus. Sebentar lagi pertandingan Final dimulai. Kita tunjukkan saja tim siapa yang lebih hebat nanti di lapangan.”
Setelah pertandingan dimulai, kami berusaha sekuat tenaga untuk memenangkannya. Waktu pertandingan terus berjalan dan akhirnya bunyi peluit panjang pun terdengar. Aku sangat bahagia sekali karena pertandingan yang begitu ketat membuahkan hasil yang memuaskan. Kami pulang ke sekolah dengan memondong Trophi Piala untuk pertama kalinya dalam event ini.
*****
Keesokan harinya, Bowo menghampiriku dan mengucapkan selamat. Bowo pun mengungkapkan kekecewaannya yang selama ini salah menilaiku dalam bermain sepak bola.
”Kamu adalah pemain yang sangat menakutkan ketika berada di kotak finalti lawan karena kelincahan dan kegesitanmu dalam membawa bola. Kamu mirip sekali dengan Bambang Pamungkas, Mat.”  Kata Bowo memujiku dan meyamakan saya dengan Bambang Pamungkas, pemain yang aku idolakan selama ini.
Perkataan Bowo membuatku semakin semangat untuk berlatih sepak bola. Aku berpikir, bagaimana caranya untuk bisa seperti sang Idola yaitu Bambang Pamungkas yang posisinya tidak tergantikan lagi sebagai Streaker (penyerang) dalam tim maupun dalam Tim Nasional Indonesia.
Setelah aku masuk SLTP, aku semakin menggilai sepak bola sampai-sampai mementingkan sepak bola daripada sekolah. Akhirnya Ibu melaporkan hal ini kepada Ayah.
“Rahmad,kamu ini bagaimana. Ayah tidak melarang kamu untuk bermain sepak bola asalkan jangan meninggalkan kepentingan sekolah. Akibat kegilaanmu ini, nilai raportmu banyak yang merah!” kata Ayah sambil memandangku agak marah.
Sejak itulah, kesukaanku pada sepak bola tidak direstui lagi oleh kedua orang tuaku. Aku pun bingung, padahal aku ingin mengikuti seleksi PON (Pekan Olah raga Nasional) dalam bidang sepak bola dan waktu itu aku sudah menerima tawaran dari guru olah raga untuk mengikuti seleksi itu.
Aku berusaha memberanikan diri untuk meminta izin pada Ayah untuk mengikuti seleksi PON tersebut.
“Ayah, besok Rahmad akan ikut seleksi PON, Rahmad mohon do’a restu Ayah supaya lolos dalam seleksi itu.”
“Tidak! Ayah tidak setuju Rahmad ikut seleksi itu, mendingan kamu belajar saja yang bener. Perbaiki nilai raportmu yang merah itu.” Jawab Ayah.
“ Tapi Yah…”
“Tidak ada tapi-tapian. Sekali Ayah bilang tidak, ya tidak! Camkan itu Rahmad.” Jelas Ayahku sambil menatap wajahku dengan marah.
Setelah itu, aku masuk ke kamar dan merenungkannya. Dalam hati aku selalu menginginkan ikut seleksi itu. Walaupun Ayah tidak setuju, aku bertekad untuk tetap mengikuti seleksi itu demi cita-citaku menjadi pemain sepak bola yang berhasil seperti Idolaku, Bambang Pamungkas.
*****
Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba, tanpa sepengetahuan orang tua, aku kemasi perlengkapan sepak bola ke dalam tas sekolah.
“Ayah, Ibu…Rahmad berangkat sekolah dulu ya..”
“Hati-hati di jalan nak…” jawab Ibu.
Sesampainya di sekolah, aku dipanggil oleh Pak Ahmad Fojani guru olah ragaku yang akrab dipanggil Pak EPO.
”Mat, bagaimana kamu sudah siapkan peralatan untuk seleksi PON di Stadion Chandradimuka belum?” kata Pak Epo dengan senyumnya yang khas.
”Sudah Pak, mau berangkat kapan pak Epo?”
“Ya sekarang, masa tahun depan?”
Aku dan Pak Epo segera berangkat menuju Stadion Chandradimuka menggunakan sepeda motor.
Setibanya di stadion, aku disambut hangat oleh banyak para calon pemain yang akan diseleksi. Hatiku semakin gembira untuk mengikuti seleksi. Mungkin inilah langkah awal keberhasilanku untuk menjadi pemain sepak bola yang sukses seperti sang Idolaku, Bambang Pamungkas.
Sekian peserta dipanggil, akhirnya aku dipanggil untuk diseleksi. Aku masuk lapangan dan bermain sebaik mungkin, tetapi dengan tidak sengaja aku melakukan kesalahan yang fatal. Karena begitu bersemangat, setelah berhasil menggiring bola ke depan kotak finalti, aku malakukan tendangan salto untuk mencetak gol. Namun sayangnya tendanganku tidak mengenai bola malah mengenai kepala back lawan yang menghadang di depanku hingga pingsan dengan darah yang bersimbahan di kepalanya. Tanpa panjang waktu, aku langsung dikeluarkan dari lapangan dan namaku di coret dari daftar pemain oleh tim seleksi. Hatiku sangat kecewa dan hancur saat itu, cita-citaku seakan hilang di depan mata.
Setelah insiden itu, aku memutuskan untuk tidak bermain sepak bola lagi. Dan aku pun melupakan hasrat dan keinginanku untuk menjadi seorang pemain sepak bola seperti Bambang Pamungkas yang selama ini aku idolakan.
Dua tahun berjalan tanpa sepak bola dalam keseharianku, hingga aku memasuki jenjang sekolah SMK. Aku memilih masuk di SMK Ma’arif 4 Kebumen setelah lulus dari SMP N 3 Kebumen. Walaupun di SMK Ma’arif 4 ada kegiatan ekstrakurikuler sepak bola, tetapi aku tetap tidak tertarik mengikutinya.
Pada waktu itu aku pergi ke Perpustakaan,saya bertemu dengan Pak Budi Mulyono yang dulu melatih sepak bola waktu di SMP N 3 Kebumen yang sering saya injak kakinya waktu latihan. Tak lama kemudian, dia menghampiriku.
”Mas, kenapa kamu sudah lama tidak latihan? Katanya ingin menjadi seperti idolamu, Bambang Pamungkas.”
”Setelah insiden 2 tahun lalu, hatiku sudah tertutup rapat untuk permainan sepak bola.”
“Hahahahaha...”
”Kok Bapak ketawa sih?”
”Bukan ketawa cuma heran saja masa lelaki sejati mudah dan gampangnya putus asa gara-gara insiden seperti itu. Memang benar, masa-masa sebagai pemain sepak bola itu ada yang suram dan mujur. Insiden itu justru harus kamu ambil sebagai bahan evaluasi diri untuk memecahkan masalah itu.”
“Benar juga ya Pak?”
Dengan nasihat yang diberikan oleh Pak Budi seolah-olah jiwa sepak bola yang sudah terkubur dalam hatiku muncul kembali dengan cepatnya. Dengan penuh semangat, aku pun melanjutkan perbincangan.
“Hari untuk latihan sepak bola sekolah ini kapan saja ya Pak? Apakah orang yang putus asa seperti ini boleh ikut latihan?”
”Oh,,,tentu saja boleh. Kalau mau ikut latihan hari selasa sore dan hari minggu pagi,” ujar Pak Budi yang melatih sepak bola itu.
Aku menjadi semangat lagi untuk mempelajari sepak bola yang sekian lama terpendam dalam hatiku. Aku pun semakin sadar bahwa pemain sepak bola tidak gampang dan tidak boleh mudah putus asa.
Aku sangat berterimakasih sekali kepada Pak Budi. Beliau memang pelatih yang luar biasa yang pernah aku ketahui selama ini. Selain pintar dalam melatih strategi, juga pintar mengembalikan mental anak asuhnya yang hancur dalam keputus-asaan.
Akhirnya dengan kerja keras dan tak kenal lelah, aku berhasil menunjukkan kepada teman-teman sedesa dan teman sekolah bahwa orang sependek saya pun bisa menjadi pemain sepak bola sebagaimana mestinya.
Jadi, tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini asalkan kita mau berusaha dan tidak mudah putus asa walaupun kondisi fisik kita tidak berbeda. Dan tidak ketinggalan pula kalau kita ingin melakukan sesuatu,tunjukkanlah dengan perbuatan bukan dengan kata-kata saja.
Walaupun aku belum bisa menjadi seperti Idolaku, Bambang Pamungkas, tetapi aku yakin dengan bekerja keras aku pasti bisa seperti dia. Menjadi streaker andalan Tim Nasional Indonesia yang tidak tergantikan seperti saat ini.
Tidak lupa pula, aku haturkan beribu terima kasih kepada Pak Budi atas keikhlasannya dan kegigihannya untuk melatih anak-anak SMK Ma’arif 4. Semoga dengan bertambahnya tahun sepak bola di Ma’arif 4 ini semain maju. Dan hanya dua kata yang pantas aku ajukan kepada Beliau yaitu. LUAR BIASA !!!

42 komentar:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa layanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online untuk kamu di perutusan judi online yang berkelas International, sahih dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sbg Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.net/tips-strategi-cara-bermain-permainan-poker-remi-online/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-head-tail-live-casino/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-sicbo-atau-dadu-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  2. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
    https://dewazeus.pw/deposit-via-pulsa/

    Ayo main sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  3. PROMO NEW MEMBER 15%

    Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di agen judi online yang berkelas International, benar dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Juga Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.org/deposit-pulsa/
    https://agenzeus.org/tag/prediksi-bola/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.org

    BalasHapus
  4. Promo Bonus Freechip Ramadhan Situs Online AGEN ZEUSBOLA!

    AGEN ZEUSBOLA MENYEDIAKAN BONUS UNTUK ANDA PARA GAMBLING SEJATI!!!

    CEK SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA UNTUK MENDAPATKAN BONUSNYAAAAA!!!!!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)BOLAZEUS(.)COM
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228
    BBM : BOLAZEUS

    BalasHapus
  5. Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    BalasHapus
  6. Yuk di add pin WA: +628122222995
    Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
    Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)
    www,bolavita, ltd sabung ayam pilipin

    BalasHapus
  7. Daftar S128 Via Whatsapp Merupakan pilihan yang sangat tepat agar anda dapat lebih nyaman dalam berkomunikasi dan bermain

    Hanya Dengan 1 Userid Bisa Bermain Berbagai Permainan, Menerima Deposit Via Bank, Pulsa, Ovo, Dana & Gopay
    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeus Bola : +62 813-3355-5996

    Link Alternatif ZEUSBOLA : http://104.248.148.252/

    http://134.209.98.69/daftar-s128-sabung-ayam-pw-daftar-s128/

    http://134.209.98.69/bandar-sabung-ayam-s128-online-live-streaming/

    http://134.209.98.69/bandar-taruhan-s128-sabung-ayam-online-terpercaya-2019/

    http://134.209.98.69/layanan-pendaftaran-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-ovo-gopay/


    http://134.209.98.69/tag/s128/

    http://134.209.98.69/tag/daftar-s128/

    Kujungi Juga :

    S1288
    https://medium.com/@marketingzeusbola/daftar-s128-via-whatsapp-zeusbola-93a6c3a7ccd1

    BalasHapus
  8. Ayo bergabung dengan bolavita , hanya disini yg bisa depo via
    Ovo dan tidak ada jam off line nya mempermudah member tidak
    perlu ke ATM lagi... dengan promo2 yg sangat menarik tanpa ribet
    langsung diberikan ^^ sabung ayam pukul mati

    info lbh lanjut :
    whatup : +628122222995

    BalasHapus
  9. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  10. Bayar Pakai GoPay

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    BalasHapus
  11. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  12. Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    BalasHapus
  13. Nikmati Kemudahan DEPOSIT PULSA di Donaco Poker...
    Proses Cepat dan Mudah..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL

    DEPOSIT VIA XL

    DEPOSIT VIA AXIS

    Mainkan Permainan Dengan Kemenangan Tinggi menggunakan 1 user ID di Donaco Poker...
    * POKER
    * DOMINO
    * BANDAR CEME
    * CAPSA SUSUN
    * CEME KELILING
    * SUPER TEN
    * OMAHA

    Daftar Poker Deposit PULSA ==>> Disini <<==

    Dapatkan Juga Tips Cerdik Bermain Poker DIsini Tips Cerdik Poker

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    LINE : Donaco.poker

    BalasHapus
  14. Winning303
    Agent Tembak ikan
    Slot Joker Terlaris Zaman now
    Mari bermain bersama kami
    Sekarang juga

    dapatkan berbagai macam Bonus menarik langgsung dari kami.

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  15. Pokervita Situs BandarQ Terpercaya Di Indonesia Menang Berapapun dibayar dengan rating kemenangan hingga 90%. Penasaran dan masih ragu? Langsung dicoba saja. Menerima Deposit Pulsa Telkomsel, XL dan Axis Dengan Rate Terbaik Tsel 0.85 dan AL/Axis 0.90.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Artikel Judi Bandar Poker Online
    Judi Deposit Via Pulsa Indonesia

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  16. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  17. MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE
    Taruhan Sabung ayam terbesar dengan server terbesar S128 dan Club388
    Nikmati taruhan terbaik secara live dan pasang taruhan anda bersama MuseumAyam

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumgame
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    BalasHapus
  18. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online bagi kamu di duta judi online yg bertingkat International, sahih dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.pw/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.pw/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link alternatif zeusbola
    login zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  19. ZeusBola - Situs Judi Online Terpercaya
    Tersedia Semua Game Disini
    Menerima Deposit via Pulsa
    Dan Bisa Daftar Dengan Akun E-money
    Pendaftaran : http://zeusbola.pro

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Agen Judi Online Depo Pulsa Tanpa Potongan

    BalasHapus
  20. Banyak promo menarik disini bos.. segera daftar sekarang agar tidak ketinggalan promonya.
    Selain promo New member masih banyak lagi promo permainan lainnya...

    Jangan Ragu dalam Bermain di MUSEUMTOTO Bosku . !!!

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Bandar Togel Online
    Daftar Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    Museumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 1000

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 30.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF 3 ( KLIK DISINI )

    BalasHapus
  21. AGENT TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    daftar nomor togel

    Bandar togel pulsa

    Slot Pulsa Tanpa Potongan

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Museum Toto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL
    DEPOSIT VIA XL
    DEPOSIT VIA AXIS

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 20% New Member
    - Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    - Bonus Cashback 5% - 10%

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    CLUB388
    SV388

    BalasHapus
  22. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia.
    judi online dengan deposit via pulsa dengan minimal deposit 25rb rupiah

    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  23. Pernahkah merasa tertipu oleh agen yang sangat anda percayai?? yang menawarkan berbagai bonus dan kata-kata manis?? dan akhir yang anda dapatkan adalah kecewa??

    Saatnya Tinggalkan itu semua.. Kami hadir untuk mengembalikan semangat bermain anda..dapatkan pelayanan memuaskan yang nyaman dan tidak ribet..

    Dapatkan Proses Transaksi Deposit & Withdraw Yang Cepat dan Tidak Ribet..Bonus yang PASTI..
    Kami Tidak Takut Anda Menang...Kami Segan Jika Anda Kecewa...

    Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  24. Mainkan poker online uang asli kini tidak perlu ribet, cukup menggunakan ponsel kesayangan anda dapat memulai bermain. Jangan khawatir pendaftaran mudah, cepat dan tidak ribet. CS ramah dan siap membantu 24 jam.

    Berbagai bonus menarik menanti anda dengan minimal deposit termurah hanya IDR 10.000
    Menyediakan layanan deposit Bank Lokal, OVO, DANA, Linkaja, Gopay, dan Pulsa Telkomsel, XL dan Axis.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis Tanpa Potongan
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Poker Online Uang Asli

    BalasHapus
  25. BANDAR SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 TERPERCAYA PROMO BONUS NEW MEMBER 15% !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  26. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

    BalasHapus
  27. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  28. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  29. Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 19 Juli 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :
    Jadwal Adu Ayam

    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » Jadwal Ayam Terupdate

    BalasHapus
  30. Ingin bermain Slot secara gratis dan mendapatkan Review seputar Slot Game setiap harinya ?

    Yuk , bisa coba kunjungi Link kami dibawah ini

    Slot Safari King Slot Games Gacor !!

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    BalasHapus
  31. Hai, buat kamu yang sedang mencari prediksi togel pasti jitu

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat SGP Tanggal 29 Juli 2021
    Terima kasih!

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat HK Tanggal 29 Juli 2021 Terima kasih!

    BalasHapus
  32. Slot Online Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    *GAME ON'FIRE: ION CASINO | ION SLOT | 9GAMING | BALAP PLAY | PRAGMATIC PLAY | SLOT88 | LIVE22 | GIOCO PLUS

    Memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online. Dapatkan Bonus Terbesar Menarik Lainnya..

    Pendaftaran Slot Online Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot ovo
    Slot online ovo

    Kontak yang aktif saat ini
    Whatsapp :
    +6281321524689

    BalasHapus
  33. Belum HOKKY? Belum pernah dapat jackpot SLOTGAMES ? Yuk coba bermain di BOLAVITA !!

    Rasakan jackpot setiap hari dan dapatkan berbagai macam bonus yang diberikan.

    Hanya di BOLAVITA dengan 1 USERID saja sudah dapat memainkan semua permainan :
    ✔ LIVECASINO
    ✔ POKER
    ✔ TOGEL
    ✔ SABUNG AYAM
    ✔ SPORTSBOOK

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #livecasino #poker #togel #togelonlineterbaik #pokeronlineterbaik #Joker #jokerslot #slotgames #gameslot #casino #casinogaming #casinoonline #s128 #togel #dominoqq #sv388 #userid #bonusmenarik #sexygames

    BalasHapus
  34. MASIH BINGUNG MAU CARI SITUS BANDAR JUDI TERPERCAYA DAN SANGAT UNTUNG?
    INI DIA DI ZEUSBOLA. ZEUSBOLA ADALAH SITUS BANDAR TERPERCAYA DAN TERPOPULER SEKALI DI INDONESIA LOH BEBS

    PASTINYA ADA BONUS NEW MEMBER, BONUS EVERYDAY, BONUS EXTRA TURN OVER, BONUS CLAIM REWARD, DAN MASIH BANYAK LAGI

    CUKUP DEPO◘IT HANYA DENGAN RP 50.000 KAMU SUDAH BISA BERMAIN SEPUASNYA!
    LANSUNG AJA DAFTAR DAN KAMI MELAYANI DEPOSIT PULSA DAN REKENING


    ♣♣♣FAST RESPON♣♣♣
    ♦♦♦LIVE 24 JAM♦♦♦

    INFORMASI SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #TOGELONLINETERBAIK #SITUBANDARTERPERCAYA #CASHBACK #BIGBONUS #CASINOONLINE #PROMOZEUSBOLA


    BalasHapus
  35. ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola20.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus